ALAT MUSIK TRADISIONAL

ALAT MUSIK TRADISIONAL

1. ARAMBA
 Aramba merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Aramba terbuat terbuat dari tembaga, kuningan atau logam.
Alat musik ini termasuk dalam jenis idiofon dan cara memainkannya cukup dipukul dengan menggunakan stik kayu.


Dahulu, ketika Aramba membunyikan nadanya, itu merupakan pertanda bahwa sedang digelarnya sebuah pesta di tempat tersebut.
 Namun, pada saat ini Fungsi Aramba tidak sekedar untuk memeriahkan pesta saja. Aramba juga digunakan sebagai pengiring tari, seperti Tari Ya’ahowu, Tari Moyo dan Tari Tuwu.
2. ANGKLUNG
Kita boleh bangga dengan alat musik tradisional dari Jawa Barat ini. Yup, angklung adalah salah satu warisan kebudayaan dunia yang ditetapkan oleh Unesco pada tahun 2010 dengan kategori Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.
Alat musik ini terbuat dari bambu yang dipotong bagian ujungnya. Cara memainkannya pun cukup mudah, yakni dengan digoyangkan sampai mengeluarkan suara.
Angklung digolongkan dalam jenis idiofon, karena mengeluarkan suara yang bersumber pada bahan dasarnya.
3. BEDUG
Bisa dikatakan alat musik tradisional yang satu ini adalah simbol keagamaan dan politik di manapun berada. Yup, itulah Bedug. Sebuah alat musik yang terbuat dari kayu besar yang dilubangi bagian tengahnya sehingga menyerupai tabung, setelah itu lubang ditutup dengan menggunakan kulit binatang yang dikeringkan, bisa berupa kambing, sapi, kerbau dan banteng.
Bedug sendiri berasal India dan Tiongkok yang dibawa oleh mereka yang dahulunya pernah singgah ke Nusantara. Di tempat asalnya, bedug berfungsi sebagai alat komunikasi ritual keagamaan yang diletakkan di kuil-kuil.
Sedangkan di Indonesia yang mayoritas agamanya adalah Islam. Fungsi Bedug tersebut melebur dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masjid sebagai pertanda waktu sembahyang sudah tiba.
Bedug mempunyai suara yang khas yaitu bernada berat sekaligus juga rendah sehingga bisa terdengar hingga jarak yang cukup jauh.
Di Jawa Barat ada seni untuk memainkan Bedug, seni ini diberi nama Ngadulag. Di daerah Sukabumi, Ngadulag dijadikan kompetisi untuk mendapatkan penabuh Bedug dengan keterampilan terbaik. Biasanya event ini berlangsung ketika bulan suci ramadhan tiba.





ALAT MUSIK MODERN

 

1. GITAR

Gitar merupakan alat musik modern yang paling banyak dikenal dan digemari oleh masyarakat. Cara menggunakannya pun cukup mudah, umumnya dipetik menggunakan jari maupun plektrum. Gitar mempunyai dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.
a.GITAR AKUSTIK
Gitar akustik pada umumnya mempunyai lubang di tengah tubuhnya. Gitar ini menghasilkan suara dari getaran sinar senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat pada gitar yang masuk ke dalam ruang suara.
 Suara yang sudah masuk ke dalam ruangan akan beresonasi terhadap kayu badan gitar. Kualitas kayu dan senar akan mempengaruhi suara yang dihasilkan.
Umumnya gitar jenis ini banyak dimainkan sebagai instrument solo menggunakanfingerpicking komperhensif.
b.GITAR ELEKTRIK
Sementara gitar elektrik atau biasa dikenal dengan gitar listrik berbentuk padat tanpa ada lubang di badannya. Gitar ini menghasilkan suara dari getaran senar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar, biasa disebut pickup.
Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah secar elektronik dengan gitar effect sebagai reverb ataupun distorsi.
Gitar jenis ini terkenal luas digunakan sebagai instrument utama pada berbagai macam genre musik zaman sekarang, seperti musik jazz, reggae, metal, rock, pop, country dan lainnya.

2. BIOLA

Biola adalah sebuah alat musik dawai modern yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat buah senar dengan kunci G-D-A-E yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah pada biola adalah G.
Biola mempunyai empat aliran musik, diantara adalah klasik, jazz, pop dan rakyat. Sedangkan orang yang memainkan biola disebut dengan violinis.

3. SAKSOFON


Saksofon berasal dari belgia dan diciptakan oleh Adolphe Sax pada tahun 1840. Oleh karena itu alat ini disebut Saxophone.Saksofon merupakan keluarga dari alat musik modern tiup bersuara logam yang jangkauan nada dan ekspresinya besar. Saksofon pada umumnya dimainkan popular music, big band music dan para legenda jazz.Tetapi, awalnya alat musik ini digunakan sebagai instrumen orchestra dan band militer

Comments

Popular posts from this blog

Download Vegas Pro 16 x64 Bit + Crack Full Versi | Vidio Editing

MAKALAH HAK MILIK DAN KEPEMILIKAN

Mencuri data, Paswoord, Informasi hanya bermodalkan Flashdisk