Tips sebelum membeli LAPTOP BEKAS

Assalmualaiku
kali ini saya ingin membagikan sedikit tips sebelum sobat membeli laptop bekas, karena dijaman yang serba gila ini, laptop/pc sudah menjadi kebutuhan pokok. ya wajar aja laptop sekarang laku bangat kayak nasi aja ya gan.
Nah buat sobat yang ingin membeli laptop bekas/seken sebaiknya baca dulu deh artikel dibawah ini karena sangat penting bagi agan juga, daripada kita menyesal kelak karena kenak tipu mending baca dulu deh tips-tips dibawah ini


1. CEK KONDISI FISIK LAPTOP
Anda perlu cek kondisi laptop dari segi fisik. Tetapi, jika Anda tidak begitu mengerti detil laptop, baik fisiknya ataupun fitur-fitur lain, Anda sebaiknya mengajak teman yang mengerti betul tentang perlaptopan dan bisa membantu untuk memilihkan laptop bekas terbaik.

Bahkan, kalau bisa, pilih teman yang paham betul tentang laptop dan mengerti harga laptop bekas. Ini penting supaya Anda bisa mendapatkan laptop second terbaik dengan harga layak atau murah.

2. TANYAKAN GARANSINYA
Ya, garansi ini sangat penting sebagai jaminan bahwa produk yang Anda beli masih baik. Walaupun, garansi bukan dari pabrik pembuatnya, melainkan dari si penjual. Yang penting, jika di kemudian hari diketahui ada kerusakan, Anda bisa minta jaminan perbaikan atau pengembalian laptop yang Anda beli.

3. CEK FUNGSI DAN PERFORMA
Anda harus mencek kondisi berbagai komponen dan fitur yang ada. Apakah semua masih bekerja atau berfungsi dengan baik.

Misalnya, cek bagian port USB. Apakah semua port masih berfungsi. Cek juga DVD – ROM, keyboard, webcam, dan juga kondisi speaker.

4. CEK BATERAI DAN KONDISI CHARGER
Kondisi baterai juga harus Anda ketahui, apakah masih baik atau tidak. Banyak laptop bekas dijual dengan kondisi baterai tidak baik. Misalnya, kemampuan menyimpan daya rendah.

Salah satu cara untuk mencek kondisi baterai adalah dengan melihat indikator baterai berada pada level berapa. Anda perlu mencoba beberapa aplikasi yang cukup berat selama 5 – 10 menit.

Anda cek apakah daya baterai turun secara normal atau langsung turun dengan tajam. Jika baterai langsung drop, itu pertanda kualitasnya sudah dalam kondisi tidak baik.

Charger juga harus baik. Anda juga harus cek kabel yang kemungkinan ada yang lecet, mengelupas atau charger suka hidup mati ketika digunakan

5. CEK LAYAR LCD
Gimana dengan layar LCD-nya? Masih bagus atau tidak? Layar LCD perlu dicek karena harga layar ini sangat mahal. Jadi, pastikan kondisinya masih baik dan Anda bisa beli.

Pastikan juga bahwa layar LCD tidak ada dot pixel. Cara ngeceknya mudah kok. Ganti wallpapernya dengan warna hitam polos. Coba perhatikan, apakah ada selain warna hitam. Lalu, ganti lagi dengan warna putih polos. Pastikan kondisi layar LCD masih baik.

6. CEK HARGA PASAR
Perbandingkan harga laptop bekas yang ditawarkan dengan harga umumnya di tempat lain atau harga pasar. Anda bisa cek harga pasar di internet. Selain itu, Anda harus tahu, telah berapa lama laptop ini dipakai atau kapan tahun pembuatannya.
Yang umum, harga laptop bekas turun 20% – 40% dari harga saat kondisi baru. Tetapi, itu masih tergantung pada usianya.

7. BAGAIMANA KONDISI HARDISK
Harddisk adalah komponen yang rentan terhadap kerusakan. Maka, itu penting untuk Anda cek kondisinya sebelum Anda memutuskan untuk membeli. Cara cek dengan melakukan copy/paste antar folder dan partisi laptop. Jika proses transfer file sangat lambat, itu sebagai tanda harddisknya bermasalah.

Baca Juga: Laptop Termurah dibawah 2 Juta
Cara lain dengan mengaktifkan fitur S.M.A.R.T pada BIOS. Atau menggunakan program third party. Dengan software ini, Anda dapat menyaksikan keadaan harddisk secara rinci.

8. KONDISI KEYBOARD DAN TOUCHPAD
Penting juga untuk cek keyboard dan touchpad. Sebab, aktivitas Anda akan terhambat apabila keyboard dan touchpad bermasalah. Coba gunakan seluruh tombol untuk ngetik di notepad atau microsoft word. Pastikan juga bahwa  touchpad dalam kondisi baik. Sebab, sangat sulit mencari komponen pengganti.

9. PASTIKAN JANJI PENJUAL BUKAN BOONGAN
Anda jangan hanya dengar tawaran atau janji dari penjual. Pastikan apa yang mereka jelaskan adalah benar. Bukan basa basi atau bohongan. Atau sekadar bujuk rayu supaya Anda membeli. Bujuk rayu itu harus dicek pada kenyataannya.


Misalnya, laptop masih mulus. Anda cek ada kecacatan atau tidak. Juga hal-hal lain, harus Anda cek kenyataannya.

nah itu beberapa tips sebelum memberli laptop bekas semoga bermanfaat, buat agan yang ingin membagikan tips ini ke teman teman agan silahkan share artikel saya ini,..........@salamblogger

Comments

Popular posts from this blog

Download Vegas Pro 16 x64 Bit + Crack Full Versi | Vidio Editing

MAKALAH HAK MILIK DAN KEPEMILIKAN

Mencuri data, Paswoord, Informasi hanya bermodalkan Flashdisk