Inilah Virus Komputer Paling Berbahaya



Pengertian Virus Komputer Dan Jenisnya


Pengertian Virus Komputer Dan Jenisnya ~ Seperti namanya, virus merupakan sesuatu yang dapat meninfeksi dan menggandakan dirinya untuk melumpuhkan atau merusak sistim. Demikian juga dalam dunia komuter, virus merupkan istilah yang di berikan pada beberapa program atau aplikasi yang bersifat merusak.
Untuk lebih jelasnya apa itu virus dan jenisnya, berikut ini akan kita bahas.

Pengertian Virus

Virus komputer adalah program yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri, dan kemudian menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Istilah virus dalam komputer dapat juga di analogikan dengan virus biologis yang sifatnya menyebarkan diri dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel mahluk hidup.
Tentu saja dengan adanya virus akan dapat merusak atau menggangu, misalnya dengan merusak data pada dokumen, memperboros ruang memori penyimpanan, hingga memberikan efek buruk pada perangkat keras.

Cara Kerja Virus

Pada umumnya virus komputer dapat merusak perangkat lunak dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer, tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program, sehingga memaksa komputer bekerja hingga over process ke perangkat tertentu sperti memori RAM dan hardisk.
Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri sehingga membuat sumber daya komputer seperti penggunaan memori hardisk berkurang secara signifikan. Ini bisa terjadi karena file yang terus di gandakan secara terus menerus tanpa henti, hingga membuat ruang memori membengkak.
Seperti kita ketahui penggunaan sistim operasi komputer saat ini di dominasi oleh sistim operasi Windows yang digunakan hingga 95% oleh pengguna di seluruh dunia, dan sisanya seperti Linux/GNU, MAC. IBM dan lainnya. Virus yang paling berbahaya atau masuk dalam kategori ganas akan dapat merusak hingga ke perangkat keras komputer.


BERIKUT VIRUS-VIRUS KOMPUTER  PALING BERBAHAYA 

Wannacry

Pertama dan terutama, mari kita jelaskan apa WannaCry. Malware ini adalah jenis virus trojan yang menakutkan yang disebut “ransomware.” Seperti namanya, virus yang berlaku menampung sandera komputer yang terinfeksi dan menuntut agar korban membayar uang tebusan untuk mendapatkan kembali akses ke file di komputernya.

Code Red

Dengan memanfaatkan kelemahan Microsoft Internet Information Server, Code Red menyebar di server jaringan pada tahun 2001. Inilah fakta lucu tentang virus berbahaya ini-Anda tidak perlu membuka lampiran email atau menjalankan file; itu hanya membutuhkan koneksi internet aktif yang merusak halaman Web yang Anda buka dengan menampilkan teks “Diretas oleh orang China!” Tidak mengherankan jika virus ini menghancurkan hampir $ 2,6 miliar dolar dengan memukul hampir satu juta PC.
Dan dalam waktu kurang dari seminggu, virus tersebut menurunkan lebih dari 400.000 server yang juga menyertakan server White House Web.

ILOVEYOU

Mungkin virus komputer paling ganas yang pernah dibuat, virus ILOVEYOU berhasil menghancurkan PC di seluruh dunia. Menginfeksi hampir 10% PC dunia yang terhubung ke Internet, virus tersebut menyebabkan kerusakan total sekitar $ 10 miliar.
Virus itu rupanya ditransmisikan via email dengan subject “ILOVEYOU,” yang merupakan emosi manusia radikal yang tak seorang pun bisa abaikan. Agar lebih memikat lagi, email berisi lampiran yang membaca sesuatu seperti ini: Love-Letter-For-You.TXT.vbs. Begitu seseorang membuka file tersebut, virus tersebut mengirimkan email ke 50 kontak pertama yang ada di buku alamat Windows PC.

Melissa

Melissa menjadi berita utama pada tanggal 26 Maret 1999, setelah memasuki era baru email. Dibangun oleh David L, Melissa pun menyebar dalam bentuk attachment email dengan nama “list.doc.”
Ketika seseorang mengklik lampiran tersebut, virus tersebut akan menemukan buku alamat Microsoft Outlook dan mengirimkan email ke 50 kontak pertama pada daftar yang berisi pesan “Inilah dokumen yang Anda minta … donot menunjukkan kepada orang lain.” Kemudian, FBI menangkap David L dan menamparnya dengan denda sebesar $ 5000 untuk menciptakan virus paling liar pada masanya.

My Doom

My Doom menabrak dunia malware pada tahun 2004 dan menyebar secara eksponensial melalui email dengan alamat pengirim dan baris subjek acak. Dengan menginfeksi sekitar dua juta PC, My Doom menghancurkan dunia cyber dengan menghasut serangan penyangkalan layanan yang luar biasa. Ini menular melalui email dengan cara yang sangat menipu sehingga receiver pertama-tama mempertimbangkan pesan kesalahan yang memantul yang bertuliskan “Transaksi Mail Gagal.”
Namun, begitu receiver tersebut mengklik pesan tersebut, lampiran tersebut dieksekusi dan worm tersebut menular ke alamat email yang ditemukan di buku alamat pengguna. Mudah dipercaya bahwa cacing surat massal ini menyebabkan kerusakan hampir $ 38 miliar.

Sasser

Sasser adalah worm Windows yang ditemukan pada tahun 2004. Tampaknya, ini akan memperlambat dan menabrak PC, membuatnya bahkan sulit diatur ulang tanpa mengurangi kekuatannya. Dan dampaknya juga sangat menyulitkan, dengan jutaan PC terinfeksi dan sangat penting, infrastruktur penting terpengaruh.
Worm ini memainkan kerentanan buffer overflow di Local Security Authority Subsystem Service (LSASS) yang memantau kebijakan keamanan akun lokal yang menyebabkan kerusakan pada PC. Dampak dahsyat virus itu sangat besar sehingga menghasilkan lebih dari satu juta infeksi. Ini termasuk infrastruktur kritis, seperti agensi baru, rumah sakit, maskapai penerbangan, dan transportasi umum.


Comments

Popular posts from this blog

Download Vegas Pro 16 x64 Bit + Crack Full Versi | Vidio Editing

MAKALAH HAK MILIK DAN KEPEMILIKAN

Mencuri data, Paswoord, Informasi hanya bermodalkan Flashdisk